Sabtu, 03 Juli 2010

TAG HEUER Pilot Quarts 1st Generation. RARE! (SOLD)

Pada tahun 1985 Heuer mengluarkan katalog terakhir sebelum perusahaan itu dibeli kepemilikannya oleh kelompok usaha Tag. Pada katalog terakhir itu, Heuer memperkenalkan tipe jam pilot quartz mereka yang memiliki reference number 230.206 (untuk dial hitam) dan 230.006 (untuk dial putih). Pada saat itu nama yang tertulis pada dial adalah HEUER. Pada tahun 1986, saat kedua perusahaan bergabung menjadi TAG HEUER, tipe ini tetap diproduksi dengan tidak ada perubahan desain kecuali adanya penggantian nama pada dial menjadi TAG HEUER. Tipe ini pertama kali muncul pada katalog TAG HEUER (edisi pertama setelah penggabungan) yang dikeluarkan pada tahun 1987.

Diameter jam sekitar 43mm dengan desain slide rule dan beberapa panduan pengukuran untuk pilot. Sub register atas (pada posisi angka 12) adalah penunjuk detik, sub register di posisi angka 6 adalah penunjuk 12 jam, dsan sub register sebelah kiri adalah penunjuk 30 menit. Desain jarum masih menggunakan jarum lama yang desainnya lebih sederhana dari desain jarum baru yang bentuknya Mercedes hands. Indeks penunjuk jam menggunakan simbol segitiga yang dilapisi tritium sehingga karena faktor usia, indeks jam sudah berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

Desain rantai mirip dengan desain rantai oyster Rolex yang dibuat menyatu dengan casing. Jadi jam ini tidak bisa diganti dengan tali kulit biasa kecuali bentuk tali kulit dimodifikasi sesuai bentuk ujung rantai. Finishing rantai adalah polished steel untuk bagian tengah, sedangkan bagian pinggir menggunakan finishing brushed steel.


Bentuk casing unik karena kalau dilihat dari samping seperti mangkuk. Bezel dibuat bergerigi agak jarang agar saat diputar oleh tangan yang menggunakan sarung tangan tidak akan selip. Pada crown masih menggunakan logo lama HEUER dan bukan TAG HEUER. ang unik adalah desain kristal-nya. bentuknya seperti pie-pan terbalik dimana bagian tengahnya lebih tebal daripada pinggirnya.

Tag Heuer Pilot tipe ini termasuk jarang beredar terutama dalam kondisi yang secara umum masih baik dan semua angka terbaca jelas. Ini adalah Tag Heuer pilot quarts generasi pertama dari brand Tag Heuer. Kondisi jam masih cukup baik mengingat usianya sudah 24 tahun. Rantai masih panjang.Tidak ada box dan paper.

SOLD


Tidak ada komentar: