Sabtu, 27 November 2010

TUDOR Date+Day Automatic Ref.7020/0, Rare! (SOLD)

Sejak awal, Tudor diposisikan sebagai second line-nya Rolex. Merek ini dibuat oleh Herr Wilsdorf sebagai pendiri Rolex, untuk menyasar market di bawah Rolex. Pada awalnya, segala hal yang dibuat untuk Tudor diproduksi oleh Rolex, kecuali movement-nya yang menggunakan ETA dan dimodifikasi oleh Rolex. Namun, tipe 7020/0 ini adalah sebuah pengecualian. Dalam serial produksi Rolex, mereka tidak pernah membuat tipe jam seperti ini. Keunikannya adalah: memiliki rotating bezel seperti pada Thunderbird, yang dikombinasikan dengan day-date mechanism (Thunderbird dibuat rolex untuk Datejust saja), kedua adalah diameternya yang 'jumbo'. Dengan diameter casing 39mm dan bezel 40mm, merupakan jam dress-sporty yang terbesar yang pernah dibuat oleh Rolex (untuk Tudor).

Ref.7020/0 diproduksi selama periode tahun 1970-1979 dengan mengeluarkan 3 macam varian warna yaitu silver, hitam dan yang terakhir dan paling unik adalah blue antracite dial seperti pada posting ini. Automatic movement dinamai Cal.1895 yang mengambil basis dari ETA dan dimodifikasi oleh Rolex dengan tanpa menggunakan hacking dan quick set date mechanism. Jadi untuk bisa merubah hari adalah dengan memutar jarum jam sampai lewat tengah malam, kemudian putar balik jarum jam sampai melewati angka 12 sampai hari berganti ke hari sebelumnya dan kemudian jarum jam majukan lagi seperti biasa melewati jam 12 malam.

Kondisi casing masih belum poles dan terlihat kokoh. Crown diberi perlakuakn sama dengan casing Rolex yang menggunakan screw down twin lock. Ada yang mengatakan bahwa basis dari casing oyster Tudor ini sama dengan casing yang digunakan oleh Rolex Milgauss generasi awal. Bezel dapat berputar 2 arah dan terdapat grip (gerigi) pada posisi angka 12 dan 6 untuk mempermudah dalam memutar bezel. Rantai oyster masih kencang dan full link (13 buah). Mika juga masih original. Jam ini masih dilengkapi dengan box genuine Tudor dan sticker caseback. Kondisi secara keseluruhan masih sangat bagus.

SOLD


Tidak ada komentar: