Kamis, 20 September 2012

SEIKO Twin Quartz (SOLD)


Seiko Twin Quartz dibuat oleh Seiko sebagai salah satu tuntutan adanya sebuah mekanisme penghitungan waktu yang super akurat karena saat itu (1978) Seiko merupakan Official Time Keeper untuk World Cup Football di Argentina. Pada saat diluncurkan, movement Twin Quartz ini merupakan the "World's first very-fine adjusted ultra-accurate Twin Quartz watch". Seiko ini berpenggerak baterai dan disebut Twin Quartz karena Seiko ini memiliki 2 mekanisme kristal quartz di dalamnya yang secara kontinu dan konstant saling melakukan 'adjustment' terhadap kinerja quartz yang lain. Karena itu jam dengan movement Twin quartz ini di-klaim hanya memiliki deviasi (+/-) sekitar 5 detik per tahun! Karena itu para penggemar jam quartz memasukkan Seiko Twin Quartz ini sebagai salah satu High End Quartz watches.


Desain Seiko TQ ini sangat sederhana dan berkesan minimalis. Dial berwarna biru tua cenderung ke hitam dengan pewarnaan indeks jam berwarna putih dan indeks menit berwarna hitam. Jarum juga di desain sangat sederhana berwarna putih. Pada dial tidak ada tulisan macam-macam hanya SEIKO dan SQ di bawah. Crown berbentuk octagonal tanpa ada hiasan apapun (polos). Tulisan TWIN QUARTZ dibuat pada bezel jam. 
Seiko TQ tidak dibuat dalam waktu lama dan berhenti produksi pada tahun 1981. Hal ini disebabkan karena biaya produksi untuk membuat seri TQ ini sangat tinggi sehingga harga jual ke konsumen juga tinggi. Selain itu, masyarakat Jepang saat itu juga tidak menuntut sebuah jam yang memiliki akurasi ekstra tinggi untuk sebuah jam sehari-hari kecuali untuk keperluan khusus seperti olah raga dll.


Dalam sebuah forum Seiko, tipe Seiko Twin Quartz digolongkan dalam very rare item karena selain produksi massalnya yang tidak banyak, juga karena kualitas pencapaian teknologi saat itu (dual quartz movement) yang merupakan pertama kali di dunia. Kualitas, keakuratan dan ketangguhan Seiko TQ disejajarkan dengan Grand Quartz dan King Quartz dan sama-sama digolongkan dalam High End Quartz

SOLD



Tidak ada komentar: