Rabu, 05 Desember 2012

PORSCHE DESIGN By IWC 'Ocean 500' Automatic Titanium 34mm (SOLD)


 Jam ini adalah PORSCHE DESIGN yang dibuat oleh IWC pada tahun 80-an. Kalau menilik dari sejarah di balik jam ini, ada hal yang menarik untuk diketahui. Pada periode akhir tahun 70-an, IWC terkena imbas dari revolusi jam quartz. IWC, saat itu merasa bahwa dampak dari teknologi quartz yang pertama kali dipopulerkan oleh SEIKO mengancam keberadaan jam-jam mekanik dan hal ini juga berdampak pada kelangsungan perusahaan jam mekanik. Pada periode 70-an IWC juga membuat jam quartz dan juga hybrid (Mecca-quartz) yang ternyata tidak begitu populer. Untuk mengatasi hal ini, akhirnya IWC pada tahun 1978 bekerja sama dengan Ferdinand A. Porsche untuk membuat jam dengan mengusung kedua nama, yaitu Porsche dan IWC. Saat itu F.A Porsche sudah bekerja sama dengan Orfina dalam membuat jam sport mekanikal. Kemudian kerja sama tersebut selesai dan Porsche menggandeng IWC.


Kerja sama Porsche dengan IWC berlangsung selama 20 tahun sampai akhrinya Porsche merasa sudah saatnya untuk membuat divisi pembuat jam dengan mengusung namanya sendiri (PORSCHE DESIGN) . Untuk tujuan ini, Porsche akhirnya membeli ETERNA untuk mensupply semua movement untuk jam Porsche design. Karena rencana besar ini, akhirnya IWC memutuskan kerja sama dengan PD pada tahun 1997. Berakhirnya kerja sama ini sebenarnya juga menguntungkan IWC dari segi brand value, karena disadari atau tidak, Brand Porsche Design ternyata menjadi lebih dikenal dari brand IWC sendiri dan untuk jangka panjang tentu hal ini akan membahayakan nilai brand IWC.


 Meskipun kerjasama selama 20 tahun bukanlah masa yang singkat, tapi produk-produk PD yang menggunakan movement IWC sangat sulit dijumpai, karena itu harganya di pasar kolektor selalu cenderung naik. Memang diakui, desain PD sangat berbeda dengan konsep desain IWC pada umumnya yang cenderung klasik. Desain PD sangat unik pada jamannya dan menggunakan material yang saat itu jarang digunakan untuk sebuah jam, yaitu titanium.
Porsche Design by IWC ini merupakan tipe jam diver OCEAN 500. Casing jam tidak besar dan untuk ukuran sekarang mungkin dikategorikan sebagai jam mid-size, yaitu 34mm. Porsche Design membuat jam tipe 'Ocean; ini sebagai jam sport khususnya Diver watch. Desain casing dan konstruksi jam dibuat untuk bisa menahan tekanan sampai 50 bar.

Desainnya sangat modern (menurut saya), dan juga perpaduan warna hitam (dial), abu-abu (casing dan rantai) serta warna gold pada bezel terlihat menarik. Desain rantai menyerupai gelang yang menyatu dengan casing jam. Bezel terbuat dari solid 18K yellow gold. Penggunaan material emas dalam sebuah jam sport diver ini dikarenakan positioning Ocean 500 saat itu memang lebih ditujukan kepada pengguna wanita dan warna emas akan menampilkan feminim dari sebuah jam sport. Rantai pendek dan lebih cocok dipakai wanita.

Kondisi jam masih tergolong bagus dan mulus. Dijual tanpa box dan paper.

SOLD


Tidak ada komentar: