Sabtu, 19 Oktober 2013

ROLEX OYSTERQUARTZ Ref.17014 Ca.1980 (SOLD)


 ROLEX Oysterquartz Ref.17014 ini diproduksi tahun 1980 dan memiliki desain yang berbeda dari pakem desain Rolex. Oysterquartz mulai diproduksi sejak tahun 1977 dan produksi terakhir adalah tahun 2001. Pada katalog ROLEX tahun 2003, tipe Oysterquartz masih ada dan merupakan sisa produksi tahun 2001. Selama kurun waktu itu, ROLEX hanya membuat Oysterquartz sebanyak 25,000 buah, untuk tipe Datejust dan Day-Date, dan merupakan rangkaian produksi Rolex yang paling sedikit. Tidak diketahui alasan berhentinya produksi Oysterquartz ini. Awalnya, banyak orang mengira kalau Rolex akan memproduksi Oysterquartz generasi baru karena ada informasi yang menunjukkan bahwa Rolex sudah mempersiapkan sebuah movement Quartz generasi baru yang siap dimasukkan kedalam Oysterquartz generasi ke-dua. Tapi, rencana itu kemudian dibatalkan dan secara resmi Rolex tidak lagi memproduksi jam dengan movement Quartz.


Desain rantai Oysterquartz memang berbeda sekali dengan rantai datejust biasa. Desain rantai Oysterquartz ini terlihat kokoh dan sepintas terlihat seperti desain rantai jam Audemars Piguet Royal Oak, dengan 2 link rantai kecil di tengah. Desain rantai seperti ini membuat jam menjadi lebih berat dari datejust mekanik. Rantai dan casing dibuat integrated sehingga tidak bisa diganti dengan tali kulit sebagai variasi. Karena desain rantai dan casing seperti ini maka informasi terkait serial number dan reference number tidak bisa dibuat di lugs karena Oysterquartz tidak memiliki lugs di casing-nya. Informasi tersebut ditulis di sisi belakang casing di pinggir caseback. Penulisan ini seperti anda lihat pada jam Panerai radiomir.


 Desain casing Oysterquartz berbeda sekali dengan Datejust mekanik. Desain oysterquartz lebih persegi dan tidak membulat seperti Datejust mekanik. Secara dimensi juga berbeda, oysterquartz terlihat lebih kokoh, tebal dan massive. Sisi atas casing terlihat datar dan menurun tajam pada bagian bawah dan atas. kalau diperhatikan bezel jam ini juga terlihat lebih tinggi dan tebal. Jam ini sudah menggunakan kristal. Bezel serupa dengan tipe Datejust lain dan terbuat dari 18K White gold. Desain bezel ini salah satu yang membedakan Oysterquartz 17014 dan 17000 yang memiliki smooth bezel. Kondisi jam masih sangat bagus dan bersih. Dijual tanpa box dan paper.

SOLD



Tidak ada komentar: