Minggu, 31 Juli 2016

SEIKO Automatic Chronometer Officially Certified Hi-Beat Gold Capped (SOLD)


 Seiko Chronometer Hi-Beat ini merupakan salah satu tipe desain dari Seiko KS (King Seiko). Huruf KS tidak diletakkan pada dial karena versi ini khusus dibuat untuk memenuhi pasar export . Saat itu (tahun 70-an) nama KS sudah mulai banyak diperhitungkan oleh pasar di luar Jepang dan karena banyaknya permintaan maka dibuatlah Seiko Chronometer Hi-Beat.
 
Kata Chronometer pada Seiko ini masih digunakan sebelum akhirnya pihak otorita jam Swiss meminta pihak Seiko untuk mencabut semua tulisan Chronometer pada jam-jamnya dengan alasan bahwa Seiko ini tidak mengikuti kaidah pengujian yang dilakukan oleh COSC di Swiss dan yang lebih penting lagi kata Chronometer adalah trade mark bagi jam-jam buatan Swiss. Namun ada juga pendapat yang mengatakan bahwa jam-jam Seiko high grade seperti ini ada juga yang dikirimkan ke Swiss untuk mendapatkan sertifikat Chronometer dari pihak yang ditunjuk secara resmi. Hal ini dilakukan agar lebih memastikan bahwa akurasi dan ketahanan jam Seiko ini memang tidak kalah dengan jam-jam buatan Swiss.

 Desain casing menyerupai beberapa desain jam Swiss era tahun 70-an karena memang Seiko Chronometer ini dibuat pada bulan Maret tahun 1974. Desain C-Shaped ini awalnya dibuat oleh Gerald Genta dan akhirnya menjadi trend setter pada periode itu. Movement yang digunakan adalah automatic cal.5626 dengan 28,800 bph. Desain casing dibuat one piece case dan untuk membuka harus dilakukan dari arah depan (kaca). Dial dibuat seperti motif tikar dengan adanya ornamen/ tekstur berwarna gold. Mengenai pemakaian finishing Gold capped ini ada pendapat yang mengatakan bahwa hal ini dilakukan untuk mendapatkan pelanggan di pasar Eropa (khususnya) yang menyukai jam-jam yang berkesan mewah dengan adanya elemen emas.
Tali kulit dan buckle original Seiko modern dan bukan bawaan dari jam ini. Crown un-signed dan berwarna gold juga.

SOLD





Tidak ada komentar: