Kamis, 29 Mei 2008

TISSOT Formula 1 analog-digital from 70s (SOLD)

Dalam dunia Formula 1 nama Lotus pernah merajai berbagai arena dalam kurun waktu 1958 - 1994. Dalam kurun waktu itu mereka berhasil mencapai kemenangan 79 kali dan naik podium sebanyak 171 kali. Karena diterpa berbagai masalah teknis dan non teknis akhirnya Tim Lotus mengundurkan diri pada tahun 1994.

Apa hubungannya dengan TISSOT? pada tahun 1978, TISSOT memulai babak baru dengan menjadi sponsor resmi formula 1 dengan menjadi official timekeeper untuk tim Lotus. Untuk mendukung project itu, TISSOT mengeluarkan sebuah tipe jam yang bernama TISSOT TS/X2 yang merupakan jam analog - digital pertama dari pabrikan ini. TISSOT menjadi sponsor utama tim ini dengan pengemudi utamanya Colin Chapman, seorang legenda dalam dunia F1. Driver yang lain adalah juara dunia dari Italia Mario Andretti dan Elio de Angelis, serta driver kelahiran Argentina Carlos Reutemann.

Selain untuk kepentingan Tim Lotus, TISSOT juga mengeluarkan versi massal-nya. Perbedaan antara versi official dan versi massal adalah pada dial. Untuk versi massal hanya tertulis QUARTZ di dialnya sedangkan untuk versi jam resmi tim Lotus menuliskan tulisan F1.


TISSOT TS/X2 yang saya miliki bertuliskan F1 di dial hitamnya. Jam ini tidak memiliki crown (kenop) dan untuk mengatur jam menggunakan tombol-tombol di sisi kiri dan kanan jam. Tissot ini terbuat dari stainless steel dengan penambahan fungsi chronograph, alarm, dual time zone dan jam analog. Ukuran jam ini tidak lazim yaitu persegi empat dengan 2 tombol kiri dan kanan. Sepintas seperti jam-jam biasa seperti Citizen, Seiko dll.

Keseluruhan jam ini masih original dengan rantai model gelang yang tipis dan buckle signed T. Kondisi masih sangat baik dan masih memiliki serat dari pabrik (belum pernah dipoles). Jam tipe ini (versi resmi Tim Lotus) di-klaim sebagai salah satu jenis memorabilia Formula 1 yang langka karena keberadaannya tidak banyak dijumpai di pasaran. Saat ini untuk mendapatkan jam sponsor resmi Formula 1 mudah didapat dan di pasar terdapat berbagai pilihan merek: Omega Speedmaster Schumacher, ORIS F1 dari Tim BMW, Tag Heuer F1 dll, nah ternyata TISSOT juga sudah melakukannya lebih dahulu.

SOLD



Tidak ada komentar: